Sponsor

banner image

recent posts

Apa itu tepung Gram ?



Halo beautifers...

Pernah mendengar tepung gram atau Gram Flour ?

 Tepung Gram merupakan tepung yang berasal dari India, merupakan tepung yang terbuat dari tanah chal dal, kacang-kacangan atau dikenal sebagai chickpea. Tepung Gram merupakan salah satu bahan pokok di India dan Bangladesh, mengandung karbohidrat tinggi tetapi rendah lemak. Dan merek yang paling terkenal dari tepung gram ini adalah "Besan gram Flour" bisa dibeli di alibaba.com.

Tepung Gram sendiri memiliki banyak sebutan di beberapa tempat, seperti  ‘Senaga Pindi’ / ‘Chenaga Pindi‘ di Telugu, ‘Kadalamaavu’ in Tamil, ‘Kadalehittoo‘ di Kannada, ‘Kadala Podi / Kadala Mavu‘ di Malayalam, ‘Channa No Lot‘di Gujarati dan ‘Baeshun‘ di Bengali. Untuk nama Indonesianya sendiri belum saya temukan beautifers ..

Apa saja manfaat dari tepung ini?
Mengapa begitu istimewa?

1. Membuat Kulit Lebih Bersih Bercahaya
Gunakan sebagai masker, caranya :
Siapkan 4 sdm tepung gram, 1 sdm lemon, 1 sdm yogurt dan bubuk kunyit secukupnya campurkan semua bahan tersebut hingga membentuk pasta halus. Aplikasikan pada wajah dan leher, diamkan 15 menit dan bersihkan wajah menggunakan air dingin. Ini akan membuat wajah lebih bersih, halus dan bercahaya. Gunakan secara rutin :)

2. Mengurangi Minyak Berlebih
Nah, ini khusus untuk beautifers yang memiliki kulit berminyak, bisa mencoba masker dari bahan tepung gram ini. Caranya, campurkan tepung gram dengan yogurt dan susu mentah . Aplikasikan ada wajah, diamkan selama 20 menit. Selain menghilangkan minyak berlebih pada wajah, hal ini juga dapat membantu membersihkan makeup dan kotoran yang masih menempel.

3. Menghilangkan Jerawat
Masalah utama pada wajah adalah jerawat, banyak sekali bahan-bahan dari alam yang mampu menghilangkannya. Salah satunya adalah menggunakan tepung gram ini. Caranya, campurkan 2 sdm tepung gram, 2sdm bubuk cendana, 1sdm susu dan bubuk kunyit secukupnya, hingga membentuk pasta. Aplikasikan pada wajah hingga mengering kemudian bilas dengan air dingin.

4. Membantu Menghilangkan Bulu Halus pada Wajah
Untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang tidak diinginkan pada wajah, beautifers dapat mencmpurkan beberapa bahan seperti tepung gram, perasan lemon, malai dan bubuk cendana secukupnya. Oleskan pada bagian yang diinginkan untuk menghilangkan bulu halus.
Beautifers, sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari tepung gram ini. seperti membantu mencerahkan kulit leher dan tangan, instant fairness, body scrub, untuk kesehatan rambut dan masih banyak lagi. :)

Penggunaan tepung gram ini juga disesuaikan dengan kondisi kulit wajah ya beautifers :)

Untuk Kulit Berjerawat
Campurkan tepung gram, bubuk kunyit dan susu segar secara merata hingga membentuk pasta, aplikasikan pada wajah dan leher, diamkan selama 20-25 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Untuk wajah lebih bercahaya.

Untuk Kulit Kering 
Campurkan 2-3 tetes air lemon, 1 sdm tepung gram, krim susu 1sdm minyak zaitun, 1/2 sdm madu hingga membentuk pasta. Aplikasikan pada wajah dan leher sampai kering, dan bilas menggunakan air.

Untuk Kulit Berminyak
Kocok putih telur dan tambahkan 2 sdm tepung gram, dan aplikasikan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air dingin.

Nah, itulah beberapa manfaat dari tepung gram atau gram flour, semoga membantu...
Apa itu tepung Gram ? Apa itu tepung Gram ? Reviewed by rusumu siami on February 21, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.