Sponsor

banner image

recent posts

AKU & BLOG : MERAJUT KEMBALI KISAH LALU




Hai aku Ru,
Saat ini bekerja disalah satu instansi pendidikan di Banjarnegara.
Menulis adalah salah satu hal yang aku suka. Bisa dibilang sebuah hobi. Dengan menulis aku bisa mengekspresikan perasaanku dan semua yang aku alami. Menulis membuatku merasa lebih baik. Ketika mulut tidak mampu berkata, tulisan mampu berbicara.

Ya, dulu aku menulis untuk sekedar curhat atau menulis diari sebutannya di zaman itu. Zaman dimana aku masih menggunakan seragam putih biru. Disanalah aku mulai menyukai saat aku harus bercerita dalam bentuk tulisan.

Aku masih ingat saat pertama memutuskan untuk membuat blog. Tahun 2016 lalu. Saat itu salah satu alasanku adalah memiliki sebuah platform untuk bisa menyalurkan setiap tulisanku. 

Bicara tentang platform blog sebenarnya waktu itu banyak sekali pilihannya, tapi entah mengapa aku lebih menyukai blogger.

Saat itu, karena masih terlalu newbie tentang blogger aku menjadi tidak fokus pada tulisan. Malah menjadi excited dengan tampilannya. Sebagai seorang newbie aku merasa menginginkan tampilan blog harus cantik dan menyenangkan untuk dilihat. Minimal oleh diriku sendiri pada waktu itu. Sehingga fokusku pada content atau isi blog menjadi tak sesuai rencana awal.

Aku masih ingat bagaimana dulu begitu repot membuat judul blog yang menarik. Bisa dilihat beberapa kali aku mengganti banner judul hehe. Ada yang sama ?









Selain judul, aku juga begitu ribet dengan tampilannya. Berjam-jamwaktu habis hanya digunakan untuk mencari template yang cocok di pandangan mataku. Dan dibawah ini adalah satu tampilan template yang pernah aku pakai. Sebenarnya beberapa template blogger juga pernah aku coba. Apakah usia labil mempengaruhi juga? Bagaimana pengalaman sahabat apakah sama ketika kita malah lebih sibuk dengan tampilan blog?

Hingga akhirnya ditahun 2021 ini, bersamaan dengan kembalinya aku mulai menulis lagi. Setelah hiatus beberapa purnama. Tepatnya beberapa bulan yang lalu setelah menikah aku memutuskan untuk kembali menulis dan berharap ini yang terakhir merubah template blog tampilan yang sekarang. 






KESULITAN NGE-BLOG

Kalau boleh jujur, sebenarnya untuk nge-blog aja itu nggak ada kesulitannya. Karena kita hanya perlu tulisan kemudian di upload di blog kita. Dan yang paling penting adalah kemauan yang tinggi.Tapi kalau ingin punya blog yang bagus, yang profesional, yang banyak pengunjungnya tentu saja banyak kesulitannya. 

Salah satunya, bagaimana bisa membuat tulisan atau konten yang berkualitas. Kemudian kita perlu belajar juga tentang SEO. Beli domain supaya bisa memiliki value lebih, dibanding hanya mengandalkan blogspot.com atau wordpress.com. Kesulitan lainnya adalah bagaimana caranya supaya kita konsisten untuk menulis. Padahal banyak manfaat ketika kita bisa konsisten menulis.

KENAL DENGAN KOMUNITAS BLOGGER PEREMPUAN

Inget pas awal dulu usaha banget nyari komunitas blog biar bisa lebih konsisten menulis, akhirnya ketemu sama Blogger Perempuan. Tepat di bulan Februari tahun 2017 resmi menjadi member Blogger Perempuan. Ah, sayang banget aku nggak punya dokumentasinya pas pertama kali masang logo BP di blog.

Excited banget, belajar cara masang logo BP di sidebar. Banyak banget info blog competition juga. Lebih dari itu pas dulu awal-awal nyoba apply tulisan biar masuk di beranda webnya BP dan di approve. Bangga banget rasanya karena waktu itu newbie banget didunia tulis menulis artikel atau review.

Kalau inget perjalanan ini rasanya nyesel banget hiatus sekian lama dari dunia blog.

DAFTAR ADSENSE

Setelah merasa sudah cukup lama di dunia blog, aku mencoba peruntungan baru. Mendaftarkan blog di google Adsense. Awalnya tidak cukup yakin akan lolos. Tapi, qadarullah di bulan Agustus 2017 akhirnya akun blog ini terhubung dengan google Adsense.



HARAPAN DI TAHUN 2021

Diakhir tulisan ini aku berharap apa yang sudah aku mulai tidak berhenti di tengah jalan atau hilang arah. Kini menulis menjadi cita-cita baru, meninggalkan sebuah karya yang bermanfaat bagi mereka yang membaca. 

Dan tentu saja menjadi bagian dari Blogger Perempuan tidak boleh disia-siakan begitu saja. Itulah sekelumit cerita tentang aku dan blog. Semangat untuk diriku sendiri ^^


AKU & BLOG : MERAJUT KEMBALI KISAH LALU AKU & BLOG : MERAJUT KEMBALI KISAH LALU Reviewed by rusumu siami on October 30, 2021 Rating: 5

5 comments:

  1. Ikut kepantik untuk semangat ngeposting di blog sendiri nih 🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayukkk say, diisi blognya kabari kalo udah posting cayooooo!

      Delete
  2. Sangat inspiratif kak, semoga aku juga bisa trus semangat ngeblog

    ReplyDelete

Powered by Blogger.