Sponsor

banner image

recent posts

Day 1 "Kenapa Menulis Blog?" #BPN30daychallenge2018


Kenapa menulis blog ?
Pertanyaan yang sama yang sering aku pikirkan sebenernya :D
dan sampai saat sebelum menjawab tantangan ini, belum pernah kupikirkan jawabannya :D :D

Beruntung sekali adanya challenge dari BPN ini sangat membantuku menuntun jawaban dari pertanyaanku sebelumnya juga :)

Sebenernya aku nggak kepikiran buat bikin blog. Suka nulis udah dari dulu, dari zaman baheula (yaelah berasa tua bet :v haha ). Dari zaman smp sekitar tahun 2010an, nulis apa aja. Kebanyakan si nulis diari gitu. Ala-ala siswa zaman old, yang nggak punya gawai buat update status haha
Semakin kesini, semakin mengenal dan memanfaatkan teknologi khususnya internet. Semakin banyak pula media sosial yang digunakan. Dari media sosial itu kemudian sering bikin status yang isinya rada alay gitu (red; curhat), bikin banyak catatan. Pokoknya segala yang pengin dituangkan ditulis disitu. Itu dimasa SMK yang katanya masa paling indah :v. Media sosial ini terkenal dengan nama FACEBOOK :v

Semakin bertambah umur dan bertambah pengetahuan, aku mulai mengenal blog, web dan macam-macamnya. Aseli akutu paham blog pas sekolah di STIMIK, nggak tau dulu pas SMK nggak mudeng tentang beginian haha (mapkeuun ya maaakk). Padahal jurusan TKJ wkwk. Tobattt deh -_-

Nah, pas udah semester ke dua atau tiga (rada lupa soalnya) aku mulai tertarik dengan blog. Samar-samar juga dulu awal-awal kenapa bisa tertarik sama blog. Mungkin karena baca tulisan orang yang tertempel diblog keliatan keren, atau tertarik karna punya blog keliatan keren aja gitu. Apalagi kalau tampilannya bagus. Bikin seneng diri sendiri aja (maklum laa yang bikin seneng masih jauh :v).skip. Yang jelas karena alasan klasik dari zaman old yaitu suka nulis.

Waktu itu aku pernah punya beberapa akun blog. Saking penasaran, dan coba buat aplikasiin ilmu per-bloggingan yang aku dapet dari otodidak alias browsing kesana kemari. Mulai dari blog gratisan sampai yang berbayar udah pernah aku coba. Karena yang berbayar membutuhkan daya yang berlebih akhirnya aku putuskan buat lebih fokus ngutak atik yang bikin greget you know i mean, blog gretongan yes haha. Jadi, pikirku meskipun gretongan harus kumaksimalkan.

Awal-awal bikin blog akutu nggak fokus sama sekali ke tulisan. Justru yang pertama kali aku maksimalkan adalah tampilan dari blog yang kubuat. Nyari-nyari dan download template sampai lupa waktu, iya cuma nyari yang sesuai sama karakter aku aja gitu :v

Setelah selesai urusan per-template-an akhirnya aku mulai bikin tulisan. Waktu itu tulisannya masih campur baur. Kadang nulis cerita, cerpen cerbung gitu, soalnya lagi berkutat dengan komunitas yang sukanya bikin cerita. hehe. Kadang nulis diari juga. Pokoknya gado-gado banget deh.

Lama-lama kok bosen juga dengan tampilan dan isi blog yang seperti itu. Akhirnya mulai lagi browsing kesana-kemari mencari wawasan baru. Sampailah aku ketemu sama komunitas blog perempuan dan akhirnya aku daftar jadi membernya Aseli gabung komunitas ini banyak banget manfaatnya, selain dapet temen baru dapet informasi baru juga banyak banget. dan setelah dapet ilmu baru bikin aku mulai benerin isi blogku. Yang dulu gado-gado banget, sekarang mulai main rapi (menurut aku yaa .. hehe). Isinya mulai ku benerin seputar tips, manfaat, sama review produk aja. Udah nggak ada tulisan alay-alay gitu.

Apalagi setelah aku tau, bahwa dengan menulis selain kita bisa berbagi wawasan yang kita miliki, kita juga dapet bonus yang lain berupa materi misalnya hehe
Ini kalau kamu bisa dapet kerjasama endorse atau dari google adsense dan sejenisnya. Pokoknya macem-macem deh penghasilan dari hasil nulis di blog ini.

Nah, akhirnya kutemukan jawaban yang selama ini kucari melalui tantangan #BPNchallenge2018. Kalau sudah begini, sepertinya sudah tidak ada alasan untuku berada di zona nyaman terus terusan. I mean, semoga dengan ini ditahu depan aku sudah bisa menjadi blogger yang bermanfaat. Selain bermanfaat untuk diri sendiri tentunya bermanfaat juga untuk orang lain melalui tulisan-tulisan yang kubagikan melalui blog ini :)

Salam sukses di tahun 2019... 








Day 1 "Kenapa Menulis Blog?" #BPN30daychallenge2018 Day 1 "Kenapa Menulis Blog?" #BPN30daychallenge2018 Reviewed by rusumu siami on November 20, 2018 Rating: 5

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.