Sponsor

banner image

recent posts

Efek Terlalu Lama Tinggal di Rumah : Waspadai Cabin Fever

How to reduce stress: 6 steps to manage stress - Medvisit

Assalamualaikum sahabatku,

Bagaimana rasanya terlau lama tinggal di rumah akibat PSBB ?

Apakah mulai muncul perasaan bosan, sedih, gelisah, mudah marah alias sensitif atau mudah tersinggung ? Dan seabreg pikiran negatif lainnya. Hati-hati dengan gejala cabin fever. 

Cabin Fever adalah sebuah istilah untuk menggambarkan berbagai perasaan negatif akibat dari kegiatan tinggal dirumah atau isolasi untuk melindugi diri dari suatu wabah untuk memutus rantai penyebaran ( dalam hal ini khususnya covid-19)

 Cabin fever sangat rentan hinggap pada seseorang yang lama tinggal di rumah untuk karantina diri atau orang-orang yang berada di tempat perlindungan akibat suatu wabah atau cuaca buruk.

Dan pastilah kita adalah salah satu orang yang rentan terhadap cabin fever ini. Nah, bagaimana si agara kita mengenal dan memahami gejala atau ciri-cirinya ? Berikut ulasannya.

Gejala Cabin Fever

Meskipun bukan termasuk gangguan psikologi, namun cabin fever pasti akan mengganggu aktifitas sehari-hari kita. Lalu apa saja sih, gejalanya...

  • Tidak berenergi alias lemas
  • Mudah marah dan gampang tersinggung
  • Perasaan gelisah, mudah putus asa dan sedih tanpa sebab
  • Sulit berfikir dan konsentrasi
  • Gangguan tidur
  • Menjadi tidak sabaran
  • Menjadi tidak tertarik dan kehilangan motivasi dalam segala hal
  • Tidak mampu mengendalikan emosi dan stress
  • Sulit percaya pada orang di sekitar
  • Mengalami kenaikan atau penuruna berat badan yang tidak diduga
Bagaimana setelah membaca gejalanya, apakah terasa kalau kamu mengalaminya ? Kalau aku sudah pasti menjawab 'Ya'. Karena aku merasakan sendiri sebagian bahkan hampir seluruhnya gejala tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut beberapa hal yang dapat kita coba lakukan untuk mengurangi gejala cabin fever

Hirup udara segar dan rileks

Akibat terlalu lama di rumah maka kita akan mudah di hinggapi rasa bosan dan jenuh. Karena berkurangnya intensitas bersosialisasi dengan orang lain. Cobalah untuk menghirup udara baru setiap hari di pagi hari.

Agar tubuh dan pikiran kembali rileks.

Buat daily planner

Sudah bisa di pastikan ketika PSBB. Bekerja dari rumah akan membuat kita merasa lebih santai. Padahal ketika kita berfikir seperti itu, akan membuat kita lebih banyak melakukan aktifitas yang kurang bermanfaat. Terlalu banyak rebahan dan bermain gadget.

Untuk megurangi hal tersebut ada baiknya untuk tetap melakukan aktifitas seperti dalam keadaan normal. Buat jadwal atau daily planner.

Pastikan tetap bangun pagi dan mandi di pagi hari. Kemudian istirahat di siang hari dan lakukan hobby di sore hari.

Konsumsi makanan bergizi

Tidak menutup kemungkinan ketika isolasi diri. Kita akan lebih banyak mengkonsumi sembarang makanan. Agar tidak terjadi peningkatan berat badan yang drastis ada baiknya tetap di imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Agar kebutuhan tubuh tetap terpenuhi dan seimbang.

Rajin Olah raga

Salah satu kegiatan yang paling efektif untuk meghilangkan stress adalah dengan rutin berolahraga. Selain berat badan stabil, massa otot bertambah, tubuh sehat kita juga akan terhindar dari stress.

Jaga Komunikasi dengan orang lain

Bagaimanapun kita adalah makhluk sosial, yang selalu membutuhkan orang lain. Maka ketika WFH dan kita batasi diri dalam bersosialisasi maka akan membuat kita stress. Ada baiknya tetap menjaga komunikasi dengan sahabat atau lingkungan sekitar meski dengan media virtual.

Semoga tips di atas bermanfaat agar kita terhindar dari Cabin Fever.
Efek Terlalu Lama Tinggal di Rumah : Waspadai Cabin Fever Efek Terlalu Lama Tinggal di Rumah : Waspadai Cabin Fever Reviewed by rusumu siami on May 19, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.