Sponsor

banner image

recent posts

Menu Lebaran Khas Banjarnegara

Assalamualaikum teman-teman,

Lebaran selalu identik dengan yang namanya suka cita dan makan-makan. Banyak sekali hidangan yang bisa kita nikmati selepas shalat Ied. Mulai dari ketupat janur hingga semur, opor bahkan rendang. Aneka kue kering dan jajanan lainnya. Sepertinya setelah menjalankan puasa selama 30 hari penuh terbayar lunas dengan perayaan lebaran seharian.

Bicara tentang hidangan lebaran, setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing. Pun demikian di daerahku, Banjarnegara. Sudah pasti memiliki menu khasnya.

Bicara tentang Banjarnegara, banyak sekali makanan khas yang bisa kita coba. Setiap mengunjungi daerah wisata di Banjarnegara, akan ada makanan andalan yang berbeda di satu tempat dan tempat lainnya. Mulai dari dawet ayu Banjarnegara, carica Dieng hingga makanan-makanan lainnya yang menjadi daya tarik wisatawan.

Kembali ke menu khas Ramadhan di daerahku.

5 Resep Opor Ayam Paling Sederhana Untuk Disajikan Saat Lebaran ...
https://cdn2.tstatic.net/palu/foto/bank/images/opor-ayam-lezat-untuk-sajian-lebaran.jpg

Meskipun tinggal di Banjarnegara, kebetulan lokasi dimana aku tinggal tidak pernah mewajibkan menu khas yang harus ada. Hanya saja ada tradisi unik yang selalu ada di tiap tahun selama lebaran. Yaiut tradisi tenongan.

Tapi, sepertinya tahun ini kegiatan tenongan akan di tiadakan. Mengingat adanya PSBB. Semoga di bulan-bulan berikutnya pandemi ini segera berakhir. Sehingga puasa tahun depan dapat menikmati momen hari raya dengan penuh suka cita.

Meskipun begitu, tetap saja menu hidangan khas lebaran harus tersaji di meja makan. Itu menandakan suka cita lebaran hehe

Tidak berbeda dengan daerah lain, menu andalan yang tersaji di tempat tinggalku adalah OPOR AYAM. Namun, kadang kita menemukan makanan opor tersebut kurang nendang.

Nah, berikut kutipanr resep Opor ayam spesial Lebaran yang enak dan gurih dari detik food.

Bahan-Bahan
1 ekor ayam kampung
4 butir telur rebus
4 potong tahu putih
3 sdm minyak sayur
1 cm lengkuas
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 batang serai memarkan
1 liter santan sedang
250 ml santan kental
3 buah belimbing wuluh

Cara Membuat
1. Potong menjadi 8 atau 12 bagian sesuai selera, cuci bersih dan tiriskan
2. Siapkan bumbu halus. Tumbuh 3 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 4 butir kemiri. 1/2 sdt ketumbar. 1/2 sdt merica butira,. 2 cm kencur. 3 cm kunyit, 1/2 sdt terasi dan 2 sdt garam.
3. Tumis bumbu. Panaskan minyak dengan api sedang. Tumis bumbu hingga wangi kemudian masukan daun jeruk, serai dan lengkuas.
4.Tuang santan. Aduk hingga tercampur rata dengan bumbu. Masukan ayam, masak dengan api kecil hingga mendidih dan ayam setengan matang.
5. Masukan telur dan tahu. Kemudian tambahkan santan kental dan belimbing wuluh. Masak dengan api kecil hingga santan mengental dan empuk.
6. Angkat dan tiriskan.

Selamat mencoba, semoga berhasil!


Menu Lebaran Khas Banjarnegara Menu Lebaran Khas Banjarnegara Reviewed by rusumu siami on May 19, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.