Sponsor

banner image

recent posts

Tips Hemat Lebaran saat pandemi

Thrifty Tips Archives | B-thrifty

Assalamualaikum sahabatkuuuu

Lebaran sudah di depan mata,
Kebutuhan pokok biasanya naik ya.
Kadang kebutuhan sekunder mengikuti di belakangnya.
Kita harus pintar dalam mengelola keuangan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Harus lebih ekstra hti-hati dalam mengeluarkan uang. Harus bisa memilah mana kebutuhan dan mana keinginan.

Pengecualian bagi seorang SULTAN :D

Masih sangat beruntung jika dari pekerjaan kita, kita masih mendapat gaji dan THR atau tunjangan hari raya. Kita bisa menggunakan itu untuk menutup kebutuhan saat lebaran. Bisa di bayangkan yang baru saja di rumahkan oleh perusahaan saat pandemi seperti ini. Bukankah suatu yang menyesakkan.

Jika sebelumnya kita adalah pribadi yang pandai mengelola keuangan. Tentu saja apapun kondisinya, tidak akan membuat otak berfikir lebih keras bagaimana agar tetap bisa makan. Itulah mengapa di saat lapang kita harus pandai dalam mengelola keuangan agar ketika ada suatu masa yang tiba-tiba seperti ini kita sudah mempersiapkannya.

Agar pengeluaran kita di saat lebaran tidak meledak, aku ada beberapa tips yang bisa di coba agar tetap hemat di masa pandemi dan tetap bisa menabung untuk hari-hari kedapannya. By the way ini menurut pendapatku yang seorang single dan masih serumah dengan orang tua ya.

1. Sisihkan Gaji Bulanan untuk di Tabung

Jika, kita masih bekerja di kantoran. Ini adalah gaji terakhir selama setahun. Maka jangan sampai berfikir untuk menghambur-hamburkan uang tersebut. Ambil 30% untuk di tabung. Gunakan sisanya untuk sedekah, kebutuhan bulanan, tambahan belanja kebutuhan makan transportasi dan lainnya. Pisahkan dalam amplop yang berbeda.

2. Untuk apa THR

Nah, biasanya menjelang lebaran, dari perusahaan akan memberikan Tunjangan Hari raya, maka gunakan uang tersebut untuk berbagi dengan yang membutuhkan atau bisa digunakan untuk thr adik-adik kecil di lingkungan tempat tinggal.

3. Jaga Mata

Ini yang paling penting. Ketika kita coba membuka marketplace mata kita pasti akan di suguhi berbagai hal-hal yang kita inginkan. Hal yang harus dilakukan adalah kuatkan hati agar tidak mudah tergoda untuk belanja apa yang kita lihat. Berfikir jernih agar mampu memilih mana yang prioritas dan bukan.

4. Abaikan Diskon %

Bukan hal yang aneh ketika seorang wanita melihat DISKON terpampang delang jelas di sudut atas pusat perbelanjaan. Rasanya ingin berlari dan membeli semua yang berbau diskon. Hal yang perlu kita lakukan adalah tahan dan bersabar. INI UJIAN SAUDARA...!

5. Absen Baju Baru

Ini yang baru pernah kulakukan. Ketika di tahun-tahun sebelumnya tidak pernah absen untuk membeli baju baru lebara. Kali ini kuputuskan untuk tidak membeli baju baru. Lebih memikirkan saving money untuk jangka panjang. Karena kita tidak tau bagaimana hari-hari ke depan akan terjadi.

Nah, semua itu adalah hal-hal yang aku lakukan untuk sedikit menghemat pengeluaran saat lebaran. Semoga membantu. Atau sahabat bisa tulis tips ampuh di kolom komentar ya, siapa tau bisa aku ikuti :)
Tips Hemat Lebaran saat pandemi Tips Hemat Lebaran saat pandemi Reviewed by rusumu siami on May 19, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.